Minggu, 04 April 2010

Keunikan Hewan Lumba-Lumba



Kebanyakan orang sih bilang lumba-lumba itu termasuk dalam jenis ikan. Hmmm, ini nih, pernyataan awal yang harus dibenahi dulu tentang lumba-lumba, karena sebenarnya lumba-lumba itu bukan termasuk jenis ikan lho, teman-teman! Lumba-lumba itu termasuk jenis hewan mamalia yang hidup di laut, jadi sebutan "ikan lumba-lumba" itu belum benar. Lumba-lumba termasuk jenis mamalia yang memiliki banyak keunikan, apa saja? Yuk, lanjut baca artikel ini!


Lumba-lumba merupakan mamalia laut yang sangat bersahabat dengan manusia, binatang ini merupakan binatang yang mempunyai tingkat intelegensia yang tinggi sehingga lumba-lumba disebut sebagai binatang yang cerdas, selain itu mereka juga binatang yang ramah dan suka menolong. Dengan melewati pelatihan mereka dapat memahami perintah dengan baik dan tahu cara mematuhinya. Maka dari itu, di kebanyakan acara, kita juga sering melihat lumba-lumba yang menunjukkan kebolehannya. Aksi aksi hewan ini diantaranya, menangkap bola, mengikuti manusia, menggiring manusia dalam perahu, dan masin banyak lagi.


Hewan lumba-lumba juga memeiliki banyak jenis, lebih dari 40 jenis. dintaranya yaitu lumba-lumba lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncates ). Lumba-lumba ini berkulit abu-abu agak sedikit gelap di bagian atas, dekat sirip belakang berwarna terang bahkan hampir putih di sisi bawah perut. Wajah lumba-lumba ini seperti terus tersenyum. Rahang yang memanjang di bagian atas dan bawah yang menyebabkan hewan ini disebut lumba-lumba hidung botol (bottlenose). jadi, yang sering kita lihat itu namanya lumba-lumba hidung botol.
Keunikan lumba-lumba selain kecerdasannya adalah sistem komunikasinya yang menggunakan sonar dan kemudian teknologi ini digunakan dalam kapal selam. Selain itu kulit lumba-lumba yang tipis dan dapat memperkecil gesekan dengan air menginspirasi para perenang untuk membuat baju renang yang mirip dengan kulit lumba-lumba tersebut. Ada lagi, cara kumba-lumba berinteraksi dengan sesamanya juga bisa menginspirasi kita lho! jelas saja, lumba-lumba itu selau bekerjasama dalam semua hal. Selalu berkelompok dan selalu mematuhi kata pemimpinnya, menjaga kebersamaan terutama saat mencari makan, seperti hewan-hewan kecil. Hmm, menarik kan mengetahui tentang lumba-lumba? Hal itu juga yang mendorong saya untuk membuat artikel ini. :)

1 komentar: